Tips Mengajar Efektif

Mengajar, dalam konteks paradigma baru, bukan hanya sekedar menyampaikan materi, kemudian kewajiban menjadi selesai. Lebih jauh adalah bagaimana membuat suatu peristiwa belajar alias “learning event” terjadi pada diri peserta belajar siswa itu sendiri.
Contoh Praktis (Practical Examples); yaitu strategi pembelajaran sebagai upaya mengaitkan antara teori dengan praktek. Berikut tipsnya :

* Tunjukan dan Ceritakan (Show and Tell): strategi ini dilakukan atas asumsi bahwa jika siswa dapat menjelaskan suatu konsep kepada yang lain maka ia telah memahami konsep tersebut. Strategi ini diawali dengan pembuktian berupa demonstrasi yang dilanjutkan dengan penjelasan akan konsep tersebut.
* Studi Kasus (Case Study) : adalah upaya untuk membawa situasi nyata kedalam kelas. Syarat strategi ini adalah kasus yang diangkat adalah kasus real, bukan kasus ilustratif.
* Teknik Diagram Alur (Flowchart Technique) : mirip dengan mind map untuk memperkenalkan atau memperdalam logika atau sistematika suatu konsep atau mengorganisasikan suatu pemikiran siswa terhadap suatu konsep tertentu secara sistematis dan terorgaisir dengan logis.
* Curah Pendapat (Brainstorming) : tujuannya untuk meningkatkan partisipasi dan kreatifitas ide.
* Software Pembelajaran : pada saat tertentu dapat pula digunakan software pembelajaran tertentu yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri atau meningkatkan efisiensi pembelajaran.
* Lembar Umpan Balik : upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui perolehan feedback dari siswa.

Semua strategi diatas tentu saja dapat dikombinasikan atau digunakan secara tunggal sesuai dengan konteks dan tujuan pembelajaran yang diinginkan.

traffic analysis

About gurupojok

the experience is the best teacher
This entry was posted in aspirasi, pojok guru and tagged , , , , . Bookmark the permalink.