Tips Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Belajar adalah hal wajib bagi semua siswa untuk menambah pengetahuan dan melatih kecerdasan siswa ke arah yang lebih baik. Siswa yang tidak belajar tentu memiliki ilmu pengetahuan yang sedikit dan jauh dari prestasi.Web-Stat web traffic analysis

Orang tua mana yang suka melihat putra-putrinya tidak berprestasi di sekolah? Lalu bagaimana cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa?

Meningkatkan prestasi belajar siswa bukan hanya tugas para siswa itu sendiri. Selayaknya orang tua pun ikut mendukung agar siswa lebih semangat dalam belajar hingga mencapai prestasi membanggakan di sekolah.

Orang tua, saudara, guru di sekolah, maupun teman-teman sepermainan, bisa ikut memberi pengawasan atau dukungan moril pada siswa untuk giat belajar.

Bagaimana Agar Siswa Berprestasi?

Berikut ini adalah beberapa contoh tentang bagaimana cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

• Penuhilah fasilitas para siswa dalam proses kegiatan belajar.

Fasilitas yang dimaksud adalah berupa barang seperti buku pelajaran, buku tulis, alat tulis, dll. Jika perlengkapan belajar terpenuhi, siswa cenderung semangat untuk belajar secara rutin.

• Fasilitas selain buku adalah internet.

Ini bukan hal yang wajib, apalagi bagi Anda yang kurang yakin bahwa internet bisa mencerdaskan anak-anak Anda. Internet hanyalah salah satu media alternatif dalam kegiatan belajar agar siswa tidak jenuh.

• Sebaiknya tidak terlalu memforsir siswa untuk terus belajar setiap saat.

Siswa adalah anak yang berusia muda, dimana di usia ini mereka masih cukup labil. Bila mereka disuruh belajar terus, ada kemungkinan mereka akan memberontak dan akhirnya menolak untuk belajar.

• Biarkanlah mereka menikmati masa bermain sebagai selingan agar mereka tidak jenuh dan otak menjadi lebih segar.

• Salah satu cara lain untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah memasukkan mereka ke suatu LBB (Lembaga Bimbingan Belajar).

Les memang baik, tapi jangan sampai terlalu membebani siswa, misalnya les terus menerus selama seminggu penuh, mulai dari pulang sekolah sampai malam.

Prestasi siswa mungkin memang akan meningkat, tapi hal ini tidak baik bagi perkembangan mental/psikis mereka. Suatu saat mereka akan jenuh, merasa kehilangan masa muda, lalu akhirnya memberontak.

• Bagi guru, pilihlah metode belajar yang tepat dan mudah diterima oleh para siswa.

Metode belajar yang rileks dan menyenangkan, cenderung lebih bisa diikuti oleh siswa ketimbang metode belajar yang keras.

• Daripada selalu memberi teori pada siswa, guru diharapkan mempratekkan materi belajar agar para siswa lebih mudah mengerti tentang apa yang sedang mereka pelajari.

• Bagi orang tua, sudah tugas Anda untuk mendisiplinkan putra-putri Anda agar mereka rutin belajar.

Tidak perlu terlalu lama, yang penting rutin setiap hari. Misalnya 1-3 jam sehari untuk belajar di rumah, selebihnya biarkan mereka bermain atau menonton TV agar lebih rileks.

• Meningkatkan prestasi belajar siswa juga bisa lewat cara memberi dukungan moril pada mereka.

Misalnya, saat mereka belajar, hendaknya orang tua atau saudara tidak mengganggu, contohnya dengan menonton TV dengan volume keras. Bahkan, tidak menonton TV sebagai bentuk rasa toleransi terhadap siswa yang belajar, sangat dianjurkan.

• Berilah suatu hadiah (barang atau pujian) bila siswa berhasil mengerjakan soal.

Misalnya, bila siswa berhasil mengerjakan soal ujian dengan baik, mereka akan diajak jalan-jalan. Hal ini bisa menjadi motivasi tersendiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

• Bagi para guru, ada baiknya untuk selalu memberi tugas atau PR (pekerjaan rumah) setiap hari pada para siswa.

Tak perlu terlalu memberi banyak soal untuk dikerjakan, yang penting PR bisa mendorong siswa untuk belajar setelah pulang dari sekolah.

Demikian beberapa tips mudah untuk mendorong para siswa agar mereka selalu belajar lebih baik.dan mendapatkan prestasi cemerlang di sekolah.

About gurupojok

the experience is the best teacher
This entry was posted in pojok guru and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.