perbeadaan sertifikasi 2010

Kuata sertifikasi tahun 2010 meningkat sangat tajam, hal ini terjadi hampir diseluruh Indonesia.

sertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas para guru dan dosen yang dilatarbelakangi masih banyak masalah yang belum dapat diselesaikan tentang masalah pendidikan. mulai dari kualitas tenaga pendidik, carut marutnya kurikulum pendidikan, dan kurangnya kesejahteraan para guru dan dosen. maka mulai tahun 2007 dimulailah uji kelayakan dan portopolio guna meningkatkan kualitas guru dan dosen.

hal ini mengandung maksud bahwa para guru dan dosen dapat melaksanakan tugas sebagai pendidik dengan baik. karana mereka membentuk watak para generasi/peserta didik sebagai penerus bangsa, dan akhirnya dapat melanjutkan perjuangan guna memajukan bangsa ini.

WACANA SERTIFIKASI 2010

guna menuntaskan kewajiban sertifikasi guru dan dosen pada tahun 2011, kuata sertifikasi ditambah berdasarkan jumlah guru di daerah dan masing-masing provinsi yang belum memperoleh sertifikat guru profesional.

guna mempercepat proses sertifikasi guru dan dosen maka pada tahun 2011 ada dua (3) jalur yang harus dipilih.

1. Melalui jalur portopolio
colon peserta sertifikasi yang memilih jalur portopolio harus mempersipkan portopolia dengan baik, dengan masksud bahwa yang memilih jalur ini di harapkan dapat langsung memperoleh sertifikat Guru Profesional.

2. Melalui diklat
colon peserta sertifikasi yang memilih jalur diklat maka para peserta tidak membuat portopolio, tapi para pserta harus mengikuti diklat dan uji materi. dan peserta yang memilih jalur ini harus menunggu hasil pengumuman apakah peserta lulus apa tidak.

3. Para Guru yang mempunyai ijasah S2 (Magister)
calon peserta yang telah memiliki ijasah S2 (magister) dan dengan golongan minimal IVb maka calon peserta sertifikasi dapat langsung lulus tanpa harus membuat portopolio dan tidak mengikuti diklat.

bagi calon peserta sertifikasi yang memilih poin pertama ada wacana kalau tidak lulus portopolio maka peserta harus mengulang pada tahun berikutnya. hal inilah yang membedakan antara calon peserta sertifikasi 2011dengan peserta yang telah lulus sertifikasi sebelumnya.

About gurupojok

the experience is the best teacher
This entry was posted in pojok guru. Bookmark the permalink.